Cara Mengatasi Mata Merah Karena Softlens

By | Mei 29, 2017

Cara Mengatasi Mata Merah Karena Softlens – Apakah anda merasa sakit pada mata anda atau mata anda menjadi merah dikarenakan pemakaian softlens. Normalnya bagian putih mata terdapat garis-garis urat merah tipis, ini adalah pembuluh darah yang terdapat pada selaput konjungtiva, namun garis merah tipis ini hanyalah sedikit dan tipis, pada keadaan yang tidak normal maka pembuluh darah ini dapat melebar sehingga garis urat merah semakin banyak dan mata terlihat memerah. Cara Mengatasi Mata Merah Karena Softlens

Cara Mengatasi Mata Merah Karena Softlens

Cara Mengatasi Mata Merah Karena Softlens

Pada infeksi konjungtiva (konjungtivitis) mata merah baik pada bagian putih mata juga bagian pada kelopak mata bagian dalam disertai banyaknya belek (sekret mata). Penyebab lainnya adalah iritasi mata, mata lelah, terpapar asap, debu, mata kering, yang membedakannya adalah mata tidak terlalu merah dan bagian dalam kelopak mata tetap normal tidak disertai merah serta tidak banyak belek. Salah satu risiko penggunaan dari softlens adalah mulai dari yang ringan seperti iritasi mata sampai yang berat akibat infeksi. Oleh sebab itu sebaiknya menggunakan softlens yang berkualitas dan pemeliharaan serta penggunaan yang baik sesuai aturannya. Insto moist adalah obat tetes untuk melembabkan mata dari kekeringan dimana merupakan salah satu risiko dari penggunaan soft lens. Bila mata merah tersebut akibat mata yang kering tentunya dengan penggunaan obat tersebut sudah dapat menghilangkan gejala mata merah.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dalam Penggunaan Softlens

Berikut merupakan beberapa tisp untuk menjaga kesehatan mata dalam penggunaan softlens

  • Rawatlah lensa kontak Anda dengan menjaga kebersihannya, baik saat menggunakan maupun menyimpan. Perhatikan petunjuk penggunaan lensa. Selain itu, jagalah kebersihan tangan Anda dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah memasang lensa kontak..
  • Bila Anda ingin berdandan, sebaiknya kenakan lensa kontak terlebih dahulu..
  • Lepaskan lensa kontak sebelum tidur dan sebelum berenang untuk mengurangi risiko iritasi dan infeksi.
  • Hindari kebiasaan merokok karena para perokok lebih berisiko mengalami infeksi mata ketika menggunakan lensa kontak.
  • Jangan berbagi lensa kontak dengan orang lain.
  • Ganti lensa kontak Anda secara teratur sesuai anjuran dokter atau aturan pemakaian merek lensa kontak Anda.
  • Cuci dan bersihkan lensa kontak Anda secara teratur dengan cairan pembersih yang tepat.
  • Jangan menggunakan ulang cairan pembersih yang telah digunakan sebelumnya atau terkontaminasi.
  • Bersihkan tempat penyimpan lensa kontak secara teratur dengan sikat dan cairan lensa kontak.
  • Jangan membersihkan lensa kontak dengan air liur atau air keran.

Resiko Pemakaian Softlens

Berikut merupakan resiko pemakaian softlens :

Keratitis

Keratitis merupakan peradangan pada kornea mata. Penyebabnya antara lain cedera ringan akibat penggunaan lensa kontak terlalu lama, infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit akibat proses pembersihan lensa kontak yang tidak benar. Menggunakan lensa kontak terus-menerus, saat berenang atau menggunakan air untuk membersihkan lensa kontak dapat meningkatkan risiko terkena keratitis.

Sindrom Mata Kering

Menggunakan lensa kontak terlalu lama, atau berada di ruangan dengan pendingin, dan mengabaikan petunjuk penggunaan lensa kontak dapat memicu sindrom mata kering. Sindrom mata kering merupakan kondisi umum ketika mata tidak memproduksi cukup air mata, atau air mata menjadi terlalu cepat kering. Hal ini memicu peradangan dan iritasi pada mata. Pada tahap yang tidak serius, Anda dapat memberikan tetes mata. Namun pada tahap serius, Anda mungkin membutuhkan penanganan medis.

Abrasi Kornea

Lensa kontak yang kotor dapat menyebabkan kornea mata tergores atau abrasi. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang parah dan tidak nyaman. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan penurunan penglihatan menetap.

Konjungtivitis

Kondisi ini ditandai dengan lapisan paling luar mata yang menjadi merah. Konjungitivitis atau ‘mata merah’ bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau iritasi dari lensa kontak. Selain merah, mata juga menjadi berair.

Baca Juga :

 

 

Posted By :

Cara Mengatasi Mata Merah Karena Softlens

Jelly Gamat QnC

Tinggalkan Balasan